Salimpaung Dalam Lintasan Sejarah Minangkabau
Nagari Salimpaung merupakan salah satu nagari yang ada di Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Nagari salimpaung terletak di dekat Batusangkar, ibukota dari Kabupaten Tanah Datar di kaki Gunung Marapi dan memiliki sejarah yang panjang yang membentuk identitas penduduknya dan menjadi bagian dari sejarah besar Minangkabau.
Nagari Salimpaung merupakan Nagari yang sudah memenuhi syarat untuk menjadi sebuah Nagari adat. Nama “Salimpaung” sendiri memiliki makna filosofis, yaitu berasal dari kata “Salim” dan “Paung”. “Salim” berarti orang, dan “Paung” berarti batang kayu. Kayu Paung ini mempunyai getah berwarna merah seperti darah. Di mana dulu agama Masyarakat masih menganut animisme, dan masih menyembah ke batang kayu, air, batu, dan lain sebagainya. Kemudian, si Salim ini adalah orang pertama di Salimpaung ini, yang di sunat Rasul.
Masyarakat salimpaung seratus persen (100%) adalah orang pendatang atau non pribumi. Pendirian nagari ini berhubungan erat dengan migrasi awal masyarakat Minangkabau dari pusat kerajaan Pagaruyung. Leluhur memilih daerah Salimpaung karena subur dan aman. Berikut merupakan dua kelompok pendatang yang datang ke Salimpaung ini.
- Kelompok Salapan (Urang Salapan)
Kelompok pertama dari pariangan, nama daerah kecilnya adalah Sungai Jambu labuatan. Kemudian datanglah sebelas kelompok, atau dalam artiannya adalah sebelas Niniak. Mereka berjalan dari parianagan, kemudian menyisiri lereng gunung marapi. Kesebelas niniak tersebut, beristirahat di Talang Dusun dan sampai di bukit, yang disebut ‘bukik sari bulan.’ Bukit ini terletak di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Tarab.
Kemudian para niniak tersebut melakukan musyawarah untuk mencari tempat yang cocok untuk membuat taratak atau sawah dan ladang karena sebuah kampung bisa menjadi Nagari diawali dengan taratak. Setelah melakukan musyawarah, mereka mendapat kesepakatan untuk tujuh orang tetap tinggal di daerah ini, kemudian yang berempat orang lagi jalan dan pergi lagi untuk mencari daerah lain.
Kelompok yang berempat niniak ini pergi kearah timur untuk mencari daerah dan membuat taratak. Mereka terus berjalan sampai akhirnya menetap di rao-rao atau Nagari Rao-rao, Kecamatan Sungai Tarab, dan di sanalah meeka mulai bercocok tanam. kelompok tersebut juga terbagi menjadi dua kelompok dengan sebutan “Duo Suku dateh dan Duo Suku dibawah”.
Kemudian yang bertujuh lagi, menetap di Salimpaung, dan akan menjadi Masyarakat Salimpaung. Mereka menetap di bukik sari bulan dan membuat tapian mandi tujuh pincuran, sampai sekarang namanya lokasinya tidak pernah berubah, yaitu “Pincuran Tujuah”. Mereka juga mulai membuat sawah dan ladang, hal ini terus berkembang sampai mereka membagi wilayah. Wilayah pertama mereka membuat sawah dan ladang adala di Jorong Koto Tuo. Mereka terus berkembang dan mulai membagi wilayah menjadi dusun, dan dua ninik dari tujuh ninik tinggal di Nan II Suku.
Setelah adanya Dusun, Ampek Niniak yang ada di Nagari Rao-Rao kembali ke kelompok Tujuah Niniak dan disebut sebagai "Urang nan Salapan" di Nagari Salimpaung. Kemudian, mereka membangun Taratak di Koto Tuo dan Nan II Suku, dan sampai sekarang mereka masih memiliki kaum masing-masing.
- Kelompok Sapuluh
Kelompok ini dari Tanjuang Sungayang yang berjumlah 14 kelompok. Ketika rombongan kelompok Ampek Baleh (Empat Belas) niniak mamak beristirahat dan bermusyawarah di sebuah tempat yang kemudian dikenal dengan nama Ladang Sumaniak. Lokasi inilah berlangsung musyawarah penting, yang menjadi titik balik bagi pembentukan masyarakat awal di kawasan yang kelak bernama Salimpaung, dalam pertemuan itu para niniak mamak membicarakan tujuan utama mereka, yaitu mencari wilayah yang cocok untuk bercocok tanam dan membuat sawah.
Masyarakat mulai berkembang dan mulai membangun dusun, Di sekitar munggu sipikia tinggal lima kelompok, dan sampai saat ini masih ada daerah persawahan yang disebut "Lima Padang". Dua kelompok pergi ke Nan II Suku, dan dua kelompok lagi pergi ke Koto Tuo. Setelah keturunan Urang Nan Salapan dan Urang Nan Sapuluah berkembang, mereka setuju untuk membangun Tiga Koto. Berikut merupakan Tiga Koto.
- Koto Tuo
Koto Tuo merupakan wilayah koto yang pertama kali membangun dusun dan taratak, sehingga wilayah ini disebut koto tuo (Koto yang paling tertua).
- Koto Nan IX
Nama koto ini berasal dari Sambilan Niniak, atau nama suku urang nan sapuluah dan nama kedua di Nagari Salimpaung.
- Koto Nan II Suku
Koto yang terakhir, Nan II Suku, dibangun setelah dua koto sebelumnya. Namanya diambil dari dua suku, Urang nan Salapan dan Urang nan Sapuluah, dan akhirnya diputuskan menjadi Nan II Suku. Nan IX dan Nan II Suku memperluas wilayah pertanian mereka ke arah Barat, dan mereka menyebut wilayah tersebut "Padang Kuok", yang berarti Hamparan yang subur. Kemudian namanya berubah menjadi Padang Jaya, nagari Salimpaung tepecah mejadi empat desa, antara lain:
- Desa Koto Tuo
- Desa Nan IX
- Desa Nan II Suku
- Desa Padang Jaya
Suku-suku yang ada di Nagari Salimpaung:
- Suku Dalimo Panjang Koto Tuo
- Suku Kutianyia Koto Tuo
- Suku Chaniago Koto Tuo
- Suku Koto Dalimo
- Suku Jambak Nan Duo Suku
- Suku Kutianyia Nan Duo Suku
- Suku Chaniago Nan Duo Suku
- Suku Bodi Nan Duo Suku
- Suku Bendang Melayu
- Suku Payobada Nan IX
- Suku Koto Piliang Nan IX
- Suku Sitobek Parik Cancang Nan IX
Niniak Mamak Pemangku Adat:
- Suku Dalimo Panjang Koto Tuo
- DT.MAHARAJO TAMBOSA, S.Pd.MM
- A.DT.RAJO TANBOSA, S.Pd.MM
- DT.MALANO BOSA
- DT.MAJO KAYO
- DT.MAJO KAYO
- DT.PADUKO BASA
- DT.BIJO BOSA
- DT.BIJO BOSA
- DT.APADUKO RAJO
- DT.MANGKUTO BOSA
- DT. RAJO TANBOSA NAN MUDO
- Suku Kutianyia Koto Tuo
- DT.PADO BOSI
- DT.PADO BOSI
- DT.PANGULU DIRAJO
- DT.PANGULU DIRAJO
- DT.PAKIAH BOSA
- DT.RAJO TANDIKO
- DT.TANDIKO NAN KUNIANG
- DT.PATIAH KANDO
- DT.RAJO PANGULU
- DT.RAJO PITO BOSA
- DT.TANDIKO NAN ITAM
- Suku Chaniago Koto Tuo
- DT.SINARO SATI
- DT.SINARO
- DT.MANTIKO SATI
- DT.RAJO SAMPONO
- DT.MAJO INDO
- DT. MARAH PANGULU
- DT.GINDO MALANO NAN TUO
- DT.GINDO MALANO NAN MUDO
- DT. RAJO MALANO
- DT.RAJO MALANO
- DT. TAN BAGINDO
- Suku Koto Dalimo
- DT.TAMBIRO NAN TUO
- DT.TAMBIRO
- DT.PANGULU BATUAH
- DT. GINDO MARAJO
- DT.INDO MARAJO
- DT.TUMANGGUANG SATI NAN TUO
- DT. TUMANGGUANG
- DT. RAJO NAN HITAM
- DT. RAJO PANGULU
- DT. TUMANGGUANG
- DT.SAMPONO KAYO
- Suku Jambak Nan Duo Suku
- DT.BADETA AMEH
- DT.BADETA AMEH
- DT.BADETA AMEH NAN TUO
- DT.PAYUANG AMEH
- DT.GINDO MARAJO
- DT.INDO MARAJO PAYUANG AMEH
- DT.MANGKUTO SIAGA
- DT.INDO MARAJO NAN MUDO
- Suku Kutianyia Nan Duo Suku
- DT.PARMATO
- A.DT.JUNJUANG
- DT.AMEK BASA
- DT.PANGKA PARMATO
- DT.PARMATO ALAM
- DT.PARMATO ALAM
- DT.RAJO MANSO
- DT.PANGKA
- DT.PANGKA MARAJO LELO
- DT.PARMATO TUAN
- DT.PADUKO TUAN
- DT.PADUKO BASA
- DT.PARMATO NAN PANJANG
- Suku Chaniago Nan Duo Suku
- DT.NAN SABATANG
- DT.SINARO, S.Kep.MPH
- DT.SINARO MUDO
- DT.SINARO BATUAH
- DT.MANGUN SATI
- DT.BAGINDO NAN PANJANG
- DT.PARPATIAH
- DT.LUBUAK KAYO
- Suku Bodi Nan Duo Suku
- DT.MANGKUTO BOSA
- PUCUAK DIRAJO
- DT.RAJO MANGKUTO
- DT.MAJO POKIAH
- DT.MAJO NAN PUTIAH
- DT.RAJO PAHLAWAN KAYO
- DT.RAJO MANGKUTO BAGADENGGA
- DT.RAJO MANGKUTO BAGADENGGA
- Suku Bendang Melayu
- DT. INTAN DIRAJO
- DT.RAJO LABIAH SATI
- DT. RAJO USOLI
- DT.RAJO ALAM KAYO
- DT.RAJO ALAM BOSA
- DT.KAYO
- DT.RAJO ALAM BOSA NAN KUNIANG
- DT. RAJO USOLI NAN TUO
- Suku Payobada Nan IX
- DT. KOYAN
- DT.PADUKO SIMARAJO LELO
- DT.ALAM BOSA
- DT.PADUKO SIMARAJO
- DT.PADUKO NAN ITAM
- PADUKO SIMARAJO NAN KUNIANG
- Suku Koto Piliang Nan IX
- DT.TAMBASA
- DT.RAJO MALAN
- DT.MARUHUN
- DT. MARUHUN
- DT. MAJO ADIA
- DT.SANGGUNO
- DT.GINDO RAJO
- DT. RAJO MANGKUTO BASA
- DT.RANGKAYO MULIE
- DT.MANGIANG SATI
- DT.BIJOANSO
- DT.TUMANGGUANG
- DT.INTAN PANGULU
- Suku Sitobek Parik Cancang Nan IX
- DT, SINARO NAN HITAM,S.Pd
- DT.SINARO KAYO
- DT. SINARO NAN HITAM
- DT.MARAJO NAN PANJANG
- DT.MARAJO
- DT.PADUKO RAJO
- DT.PUTIAH DIRAJO
- DT.BUNGSU
- DT.PADUKO RAJO
- DT.SINARO GARANG
- DT.SINARO GARANG
- DT.SINARO MUNCAK
- DT.PUTIAH
- DT.BILANG
- DT.BILANG BASERAK
Sejarah Nagari Salimpaung bukan hanya catatan masa lalu, hal itu adalah identitas yang membentuk kehidupan, pemikiran, dan kehidupan masyarakat orang Minang di dataran tinggi Tanah Datar. Salimpaung menunjukkan kekayaan budaya Minangkabau, dari asal-usulnya, hingga pelestarian adat yang terus menerus. Menjaga dan menuliskan sejarah Salimpaung merupakan tanggung jawab bersama sebagai anak nagari untuk mempertahankan warisan dan memperkuat jati diri di tengah perubahan zaman.